Rabu, 21 Oktober 2015

Aliran Struktural

Linguistik Strukturalis

Linguistik strukturalis merupakan perkembangan lanjut studi bahasa yang eksis sejak 1857 yang diprakarsai oleh Bapak Linguistik Modern Ferdinand de Saussure. linguistik strukturalis mendeskripsikan bahasa berdasarkan ciri khas yang dimiliki bahasa tersebut. Selanjutnya berkembang para tokoh penerus linguistik modern yang di antaranya berasal dari aliran Praha, aliran Glosematik, Bloomfield dan Strukturalis Amerika.

Ferdinand de Saussure
Ferdinand de Saussure (1857-1913) adalah bapak Linguistik Modern yang mengarang Course de Linguistique Generale.Dalam buku tersebut tersimpul empat gagasan penting sebagai berikut:

Ferdinand de Saussure
v  Bahasa dapat ditelaah secara sinkronik, yaitu diteliti berdasarkan kurun waktu penggunaannya pada zaman tertentu, dan juga diakronik yaitu penelitian pada sebuah bahasa yang diteliti dari sejarah penggunannya hingga masa kini.[
v  Perbedaan mengenai Langue dan Parole. Langue adalah keseluruhan sistem tanda bersifat abstrak yang digunakan sebagai alat komunikasi verbal antar manusia. Sedangkan parole adalah realisasi dari langue, sifatnya konkrit dan dapat diamati.
v  Bahasa mengandung sistem tanda linguistik yang bernama signifiant dan signifie. Signifiant adalah kesan bunyi yang timbul dalam benak manusia, sedangkan signifie kesan makna yang merujuk pada objek yang dimaksud.
v  Elemen bahasa seperti fonem, morfologi, dan sintaksis memiliki hubungan yang dinamakan Sintagmatik dan Paradigmatik.

Bersamaan dengan perjalanan Ferdinand de Saussure, perkembangan ilmu fonologi pun berkembang berkat Aliran Praha pada tahun 1926 yang terdiri  dari para tokoh linguistik bernama Vilem Mathesius, Nikolai S. Trubetskoy, Roman Jakobson, dan Morris Halle. Dalam perkembangan fonologi, mereka membedakan dengan tegas fonetik dan fonologi.

Bloomfield dan Strukturalis Amerika
Di Amerika, Leonard Bloomfield (1877-1949) dan kawan-kawannya mengembangkan aliran linguistik struktural Amerika. Ciri utama pada aliran mereka yaitu menolak paham mentalistik dalam melihat fenomena berbahasa dan memihak pada aliran behaviorisme. Artinya, mereka lebih menekankan penelitian bahasa pada sesuatu yang bisa diamati secara empirik dan mengabaikan makna atau arti. Dan perkembangan para ahli linguistik di Amerika tergabung dalam The Linguistics Society of America di mana mereka melaporkan hasil kerja mereka dalam majalah berjudul Language.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar